• Menghidupkan Mimpi ke Negeri Sakura

  • Follow me on Twitter

Presentasi TED Mewarnai Acara Serah Terima Jabatan Ketua PPI Osaka-Nara

Foto_kebersamaanFoto kebersamaan PPI ON

Perhimpunan Pelajar Indonesia di Osaka-Nara (PPI ON) menyelengarakan acara Serah terima jabatan ketua PPI ON plus TED Talks ON (TED Talks dengan pembicara teman teman dari PPI Osaka-Nara) yang dikoordinatori oleh Murni Handayani dan Amalia Istiqlali Adiba di Toyokawa Community Center, Ibaraki, Osaka, Jepang, Minggu (7/12).

Gagus Ketut Sunnardianto resmi menanggalkan jabatannya sebagai ketua PPI ON periode 2013/2014 dalam acara serah terima jabatan yang berlangsung pada hari Minggu tersebut. Kini, tongkat kepemimpinan dipegang oleh Okie Dita Apriyanto. Turut hadir dalam acara tersebut, mantan Ketua PPI ON terdahulu (Nurmalia ON-1 2010/2011, Ryanto The ON-1 2011/2012, Muhammad Yusri Lukman ON-1 2012/2013) dan sekitar 80-an orang dengan penuh suka cita menghadiri  rangkaian acara.

Presentasi TED talks ON mewarnai acara serah terima jabatan tersebut. TED (Technology, Entertainment, Design) adalah sebuah organisasi non profit yang mempunyai motto “Ideas worth spreading” menampilkan para tokoh inspiratif di berbagai bidang untuk memberikan presentasi. Kini PPI ON mempunyai program serupa yang yang diberi nama “TED Talks ON” digagas sebagai ajang pemberi motivasi dan inspirasi kepada teman-teman PPI ON dengan pembicara dari teman-teman PPI ON sendiri.

“TED Talks ON diharapkan bisa memberikan warna tersendiri dalam upaya memberikan pengetahuan kepada teman-teman PPI ON mengenai betapa pentingnya belajar Leadership and Networking dari suatu organisasi dalam hal ini PPI ON”, papar Murni Handayani dan Amalia Istiqlali Adiba, koordinator acara TED Talks ON.

TED talks diawali dengan presentasi dari pembicara pertama, Abdi Pratama, ketua PPI Osaka-Nara periode 2008/2009 dan sekarang menjabat sebagai ketua Enjinia Nusantara (Komunitas professional yang bekerja dan bekarya di dunia industri di Jepang)

Abdi menyampaikan presentasi tentang “Kepemimpinan ala Enjinia Nusantara”. Presentasi disusun secara ringkas dan padat sehingga gagasan tersampaikan dengan baik. Dalam presentasinya, Abdi menekankan 3 prinsip penting untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik yakni itikad baik, dari hal sederhana dan dilanjutkan dengan gerakan bersama.

Di akhir presentasi, Abdi mengajak rekan-rekan PPI ON untuk merenungi kalimat penutup presentasi “Jangan bertanya apa yang sudah negara berikan kepadamu. Tapi bertanyalah apa yang sudah kita berikan kepada bangsa dan negara”

Pembicara kedua TED Talks ON, Farid Triawan, ketua PPI Jepang periode 2009/2010. Farid menyampaikan presentasi tentang pengalaman berorganisasi selama menjadi ketua PPI Jepang.

Dalam presentasinya, Farid menegaskan prinsip 3M (Mulai dari kecil, Mulai dari diri sendiri, Mulai dari sekarang) yang harus diterapkan untuk perubahan yang lebih baik. Beliau juga menceritakan pengalaman berorganisasi dan kegiatan-kegiatan PPI Jepang yang berhasil dilaksanakan saat menjadi ketua PPI Jepang periode 2009/2010.

Farid berpesan kepada rekan-rekan PPI ON bahwa kekuatan passion itu sangat penting, jangan menjadikan sukses sebagai tujuan, tetapi lakukan saja apa yang kita suka dan yakin benar, maka sukses akan datang dengan sendirinya. Presentasi disampaikan dengan penuh semangat hingga rekan-rekan PPI ON banyak yang terinspirasi.

Usai presentasi TED Taks ON, dilanjutkan dengan Deklarasi Sanggar Budaya PPI ON dengan mempresentasikan kegiatan-kegiatan Sanggar Budaya PPI ON yang disampaikan oleh Ryanto The. Usai presentasi, Sanggar Budaya PPI ON menampilkan sajian angklung. Tim angklung sanggar budaya PPI ON mengumandangkan tiga buah lagu yakni Rayuan Pulau Kelapa, Manuk Dadali dan Ramko Yambe Ramko.

“Biasanya kami tampil di depan orang Jepang atau audience international. Tujuannya berbeda, Kalau di depan orang asing, semangatnya untuk memperkenalkan Indonesia, kalau di depan WNI semangatnya untuk membangkitkan nasionalisme”, ungkap Nurmalia, anggota dari tim angklung sanggar budaya PPI ON.

Kali ini acara juga dimeriahkan oleh tim akustik PPI ON dengan gitaris handal PPI ON (Haryo Mirsandi, Jeremia Febrian) dan Vokalis PPI ON (Aswita Wulandari, Monika Nelly) yang membawakan tiga lagu pop dan satu lagu dangdut yang berhasil menghibur penonton.

Puncak acara ialah presentasi Laporan Pertanggungjawaban Ketua PPI ON 2013/2014 oleh Gagus Ketut Sunnardianto. Dalam presentasinya, Gagus memaparkan semua kegiatan yang telah sukses dilaksanakan selama kepengurusan PPI ON 2013/2014. Usai presentasi, dilaksanakan serah terima jabatan ketua PPI ON 2014/2015 kepada Okie Dita Apriyanto.

Demikianlah, TED talks ON bertemakan “Leadership and Networking”, deklarasi sanggar budaya PPI ON sebagai pelengkap acara serah terima jabatan ketua PPI ON periode 2014/2015. Semoga materi yang disampaikan dalam TED Talks ON bisa menginspirasi dan memotivasi rekan-rekan PPI ON.

Tulisan ini juga dimuat di Tribunnews : http://www.tribunnews.com/internasional/2014/12/22/serah-terima-jabatan-ketua-ppi-osaka-nara-diisi-presentasi-ted

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: