• Menghidupkan Mimpi ke Negeri Sakura

  • Follow me on Twitter

Berbagi Buku

1Berbagi buku “Menghidupkan Mimpi ke Negeri Sakura”

Saya bersyukur bisa menempuh pendidikan di Jepang dengan beasiswa. Ini merupakan nikmat dari Tuhan yang wajib dan harus disyukuri dengan cara belajar keras dan berusaha membantu memberikan informasi beasiswa kepada adik adik di Indonesia yang ingin sekolah ke luar negeri, khususnya ke Jepang.

Selain sibuk menjadi mahasiswa di Osaka University, saya pun berusaha menyempatkan diri untuk terlibat di organisasi.

Bagi saya, aktif di organisasi sangat penting. Pasalnya, banyak ilmu yang didapatkan melalui organisasi, seperti kepemimpinan, jaringan, diplomasi yang tidak didapatkan di bangku perkuliahan. Oleh sebab itu, di sela-sela kuliah, saya sempatkan aktif di organisasi.

Saat ini saya diberi amanah menjadi ketua PPI Osaka-Nara (PPI ON) periode 2013-2014. Melalui PPI ON inilah saya bertemu dengan temen-teman dari berbagai latar belakang ekonomi. Tidak sedikit yang berasal dari kampung-kampung kecil dan masing masing orang mempunyai cerita perjuangan yang inspiratif.

Bagi saya berkontribusi tidak harus menunggu setelah menyelesaikan pendidikan. Sebagai mahasiswa harus bisa berkontribusi untuk pendidikan di Indonesia. Berawal dari keinginan berkontribusi untuk pendidikan di Indonesia dan menyadari rekan-rekan PPI ON mempunyai ratusan kisah perjuangan demi perjuangan yang berbeda. Saya pun mengajak rekan-rekan di PPI ON untuk menulis kisah perjuangan mereka dalam mendapatkan beasiswa dan menempuh pendidikan di Osaka University.

Alhasil, ada 19 orang yang menulis kisah perjuangan demi perjuangan mendapat beasiswa dan menempuh pendidikan di Jepang, khususnya di Osaka University. Tulisan tersebut dibukukan dan diberi judul “Menghidupkan Mimpi ke Negeri Sakura”.

Beberapa buku dijual di toko buku, ada juga yang dibagikan secara gratis kepada adik adik di Indonesia. Royalti hasil penjualan buku didonasikan untuk membantu pendidikan di Indonesia melalui program beasiswa Taiyou Indonesia Foundation (TIF) yang dirintis oleh teman-teman PPI ON pada 29 September 2013.

PPI ON berbagi motivasi dan inspirasi kepada adik adik di Indonesia dengan membagikan buku “Menghidupkan Mimpi ke Negeri Sakura”. Diantaranya kepada adik asuh di Hoshizora Foundation, adik-adik di panti asuhan Al-Mujib, di madrasah Duriyat Mulia, SMK Sakti Gemolong.

Saya sempat pesimis, namun semangat saya untuk kuliah lagi muncul dari buku Menghidupkan Mimpi ke Negeri Sakura dan secara tidak langsung menyemangati saya dari jauh. Saya langsung jatuh cinta dengan buku tersebut  terlebih sekarang saya skripsi dan hampir menyerah karena memang sedikit letih di tahap akhir ini“. Ungkap salah satu pembaca buku melalui email.

Sebagai salah satu penulis buku, saya senang sekali ketika membaca beberapa email dari adik adik di Indonesia yang termotivasi akan kisah perjuangan demi perjuangan yang diceritakan dalam buku tersebut.

Semoga buku tersebut bisa memotivasi, menginspirasi dan menjadi jendela dunia bagi generasi penerus bangsa.

 
Osaka, 11 Nopember 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: