• Menghidupkan Mimpi ke Negeri Sakura

• Follow me on Twitter

Enam Hari di Taiwan

sipDi depan National Palace Museum

Kebetulan, saya diberi kesempatan untuk mengikuti International Conference di Taiwan, “Recent Progress in Graphene Research 2014 (RPGR 2014)” yang diselenggarakan di Taipe. Sebenarnya selama kuliah di Jepang, sudah mengikuti beberapa kali conferences (mungkin sudah belasan kali) tapi semuanya diselenggarakan di Jepang. Jadi ini merupakan conferences yang kesekian kali tetapi conference yang pertama di luar Jepang.

Conference kali ini saya diberi kesempatan berpartisipasi dalam oral presentation dengan judul “Theoretical modeling of a bias-controlled kondo system in hydrogenated graphene vacancy” dan juga poster presentation dengan judul “Potential energy surface for hydrogenation reaction of graphene vacancy”.

Seminggu sebelum keberangkatan, belum sempat explore (berselancar ria via google) terkait Taiwan. Pasalnya, disibukkan dengan persiapan conference itu sendiri. Ada revisi ini dan itu dari sensei (profesor).  Bisa dibilang, sehari sebelum berangkat saya blm baca-baca terkait transportasi lokal dan belum persiapan bagaimana nanti di Taiwan.

Sabtu malam (20/9) baru mencari informasi terkait Taiwan. Mulai dari transportasi lokal, lokasi hotel, lokasi tempat conference dll. Sabtu malam di kala lagi asyik searching, tiba-tiba profesor mengirim email menginformasikan bahwa beliau khawatir dengan perjalanan saya esok dikarenakan taifun sedang mendekati Taiwan di hari yg sama dengan hari keberangkatan saya ke Taiwan.

Begitu mendapat email dari sensei (profesor), segera saya cek website Cathay Pacific. Dan benar, ada pemberitahuan bahwa “Typhoon Fung Wong is approaching Taiwan”. Ada kemungkinan flight di cancel. Yah, sempat agak khawatir, tp selalu berusaha tenang. Inshaa Allah selama berjuang di jalan Allah, Allah akan memberikan yang terbaik.

Minggu (21/09) tepat pukul 6.30 waktu Jepang saya berangkat dari apato (tempat kost) menuju stasiun hotarugaike. Dari stasiun hotarugaike ini saya naik limousine bus menuju Kansai International Airtport (KIX). Tepat pkl 8.50 waktu Jepang sampai terminal 1 KIX. Saya pun bergegas segera check-in ke counter C (Cathay Pasific).

Di bandara saya selalu update informasi secara online terkait Typhoon Fung Wong yang diberitakan sedang mendekati Taiwan. Lega…karena jadwal landing pesawat sekitar pkl 13.15 waktu Taiwan dan perkiraan si taifun akan datang pada sore harinya. Dan benar, sore harinya Typhoon Fung Wong melintasi Taiwan. Angin kencang dan hujan deras melanda kota Taipe.

Tepat pkl 13.15 tiba di Taiwan Taoyuan International Airport (TPE). Perjalanan masih sekitar 1 jam 30 menit untuk sampai di lokasi conference. Di lantai 1 bandara saya membeli tiket bus (Kuokuang Line No. 1819) sebesar 55 TWD (New Taiwan Dollar) menuju ke Taipe Main Station (TMS).

Taipe Main Station (TMS) ini besar sekali dan membuat saya bingung. Pasalnya, selain banyak orang yg melintas, TMS juga sebagai pusat perpaduan sistem transportasi publik baik MRT (jalur bawah tanah), kereta api konvensional, kereta api super cepat (disebut sebagai THRS, Taiwan High Speed Railway), bus dan taksi. Selain itu di TMS ini juga ada pusat perbelanjaan “Taipe City Mall”. Oleh sebab itu TMS sangat ramai dan membuat pendatang baru jadi bingung. Kabarnya TMS ini menjadi pusat keramaian Taipe.

Berdasarkan informasi dari panitia conference, saya pun langsung mencari MRT Tamsui-Xindian Line. Maklum baru pertama kali, muter-muter sana sini sekitar 30 menit di TMS baru menemukan MRT Tamsui-Xindian Line. Saya beli tiket sebesar 20 TWD meuju ke Taipower Building Station.

Tak lama kemudian, saya sampai stasiun tujuan (Taipower Building Station). Dari stasiun saya jalan kaki selama kurang lebih 30 menit menelusuri jalan (Xinhai Road) mencari tempat conference dan hotel dengan membawa peta yang sudah saya siapkan (print out). Kurang lebih 1 jam saya muter-muter akhirnya sampai di Howard Civil Service International House (lokasi conference). Hari pertama acaranya msh bisa dikatakan free, hanya sebatas registration dan welcome reception, acara inti baru akan dimulai tgl 22-25 september.

Setelah mengetahui lokasi conference, saya lanjutkan petualangan menelusuri Xinyi road, Taipe. Sekitar 20 menit kemudian akhirnya sampai di hotel, segera saya check-in dan sholat. Usai sholat saya keluar untuk melihat lingkungan sekitar hotel dan mencari makanan halal. Selama di Taiwan saya tinggal di Rido Hotel di Hsin-Yi Road, Da’an district, Taipe.

RPGR2014Di depan tempat conference

okSaat poster session

Senin (22/9/2014), hari pertama conference diawali dengan opening ceremony dan dilanjutkan dengan plenary talk. Plenary talk oleh Prof. Andre Geim dengan judul “The rise of van der waals heterostructures”. Beliau adalah professor dari Univesity of Manchester, Inggris yang dinobatkan sebagai pemenang Nobel Bidang Fisika. Saat itu Prof Geim dan muridnya (Konstantin Novoselov) menemukan teknik selotip “Scotch” untuk menghasilkan Grafena. Kebetulan, saya juga pernah bertemu dengan Konstatin Novoselov di International conference di Tokyo tahun lalu (2013). Lengkap sudah… ketemu dengan dua orang hebat peraih Nobel Prize in Physics tahun 2010 tersebut.

geimPlenary talk oleh Prof. Andre Geim (Nobel Prize in Physics 2010)

Selain peraih Nobel Prize 2010, conference ini juga dihadiri oleh profesor ternama seperti Prof. Antonio H. Castro Netro (National University of Singapore) dan Prof. Michael Fuhrer (Monas University, Australia) dan masih banyak lagi profesor ternama dan terkenal yang hadir di conference ini.

Selasa (23/9/2014) usai seminar hari kedua. Saya keliling sekitar Taipe. Mencari makanan halal. Di perjalanan, betapa bahagianya ternyata di dekat tempat conference saya menemukan masjid. Bersyukur sekali karena saat coffee break, saya bisa sholat dzuhur di Masjid. Masjid tersebut dikenal dengan nama “Taipe Grand Mosque”. Kabarnya masjid ini merupakan masjid terbesar dari enam masjid yang berada di Taiwan.

photo4 (1)

masjidTaipe Grand Mosque

Rabu (24/9/2014) usai presentasi. Saya pergi ke Taipe 101 yang terletak di Xinyi district, Taipe. Bangunan ini merupakan gedung pencakar langit (beringkat 101) tertinggi kedua di dunia setelah burj khalifa di Dubai. Tersedia lift tercepat di dunia yang mampu membawa pengunjung dari lantai dasar ke lantai 89 dalam waktu 39 detik.

photo3 (2)

photo2 (3)

102Taipe 101

Kamis (25/9/2014) usai conference. Saya mengikuti “Conferences Excursion” ke National Palace Museum (NPM). Museum yang terletak di hihshan Rd., Shihlin District, Taipei City ini konon memiliki koleksi artifak China yang jumlahnya sebagai salah satu terbesar di dunia. Museum ini merupakan museum nomor satu di Taiwan dan merupakan 10 besar museum terbaik di dunia bersaing dengan museum Louvre (Paris) dan Metropolitan Museum of Art (New York).

Jumat (26/9), pagi hari saya meluncur ke Taipe Main Station (TMS) membeli tiket bus menuju Taiwan Taoyuan International Airport untuk balik ke Jepang. TMS ini luas sekali dengan jaringan underground yang banyak sekali bisa membuat orang bingung dan kesasar. Bagi yang pertama kali berkunjung ke TMS, pasti sangat bingung sekali. Ada beberapa jalan untuk menemukan Taipe West Bus Station (tempat membeli tiket bus). Bisa lewat K12 exit dari K-Underground Mall, bisa juga via MRT exit (M5) dan underground Mall Z3. Saya kemarin muter-muter dan akhirnya lewat K12 exit dari K-Underground Mall. Beli tiket Airport Express Bus (125 TWD) tujuan Taiwan Taoyuan International Airport.

Alhamdulillah perjalanan balik ke Jepang lancar, bersyukur…dari hasil belajar bisa berpergian ke negara lain secara gratis. Semoga perjalanan ini bisa memberikan dampak positif dan semakin menambah rasa syukur atas nikmat Allah SWT.