• Menghidupkan Mimpi ke Negeri Sakura

  • Follow me on Twitter

Perayaan HUT RI ke-69 di Jepang

Di kampung halaman biasanya rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) berlangsung meriah. Diawali upacara bendera dan diikuti serangkain kegiatan yakni memasang bendera merah putih di halaman rumah dan perlombaan seperti lomba panjat pinang, balap karung, tarik tambang, makan kerupuk dan jalan sehat bersama. Diakhir bulan Agustus biasanya ditutup dengan kegiatan bazar makanan disertai panggung hiburan yang menampilkan  lomba joget, lomba karaoke dari pemuda dan anak-anak desa.

Kini saya merayakan HUT RI di Jepang. Dalam rangka perayaan HUT RI ke-69, saya dan rekan-rekan di PPI Korda Kansai memeriahkan perayaan dengan berbagai rangkaian kegiatan. Yakni, Pekan Olahraga Masyarakat se-Kansai (PORMAS) di Kyoto, upacara bendera peringatan HUT RI ke- 69 di Kobe dan Kabaret Budaya Indonesia di Kobe.

Pekan Olahraga Masyarakat se-Kansai diselenggarakan di Shimidzu Arena, Kyoto. Sabtu (9/8) PORMAS digelar dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Pelaksanaan PORMAS 2014 juga diharapkan dapat meningkatkan silaturahim, persaudaraan dan keakraban warga negara Indonesia yang berdomisili di wilayah Kansai.

Pormas Kansai 2014 berlangsung meriah dihadiri staff KJRI, pelajar dari PPI Osaka-Nara, PPI Kyoto-Shiga, PPI Tokushima, PPI Okayama, PPI Kobe, pemagang (Kensushei). Tepat pukul 10.00 JST acara dibuka oleh acting Konsul Jenderal RI di Osaka, Bapak Bambang Soegianto. Cabang olahraga yang dipertandingkan pada Pormas Kansai 2014 ialah futsal, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan bola voli. Kali ini saya diberi amanah sebagai kapten cabang olah raga bola voli. Alhamdulillah dari cabang olah raga bola voli putra dan putri, kontingen PPI Osaka-Nara berhasil memperoleh medali perak.

Secara keseluruhan kontingen PPI Osaka-Nara memboyong 1 medali emas dari cabang olahraga tenis lapangan putra, 5 medali perak dari cabang olahraga (bola voli putra, bola voli putri, tenis lapangan putri, tenis meja putra dan bulu tangkis putra), dan 1 medali perunggu dari cabang olahraga tenis meja putra. Dari keseluruhan kontingen, PPI Osaka-Nara berhasil memboyong medali terbanyak. Juara umum diraih oleh PPI Kyoto-Shiga sebagai tuan rumah acara PORMAS dengan 2 emas, 2 perak dan 1 perunggu.

pormas

Selain turut berpartisipasi di ajang PORMAS, hari Minggu (17/08) saya menghadiri Upacara Bendera HUT RI ke-69 di Wisma Konsul Jenderal Kobe, Jepang. Upacara dihadiri oleh seluruh staff KJRI, Garuda dan Pertamina yang berdomisili di Jepang, ketua PPI Komsat di Korda Kansai serta undangan masyarakat Jepang sahabat Indonesia.  Upacara di mulai tepat pukul 09.30 JST.  Acting Konsul Jenderal RI, Bapak Bambang Soegianto bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam amanatnya, beliau menyampaikan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa guna mencapai kemakumuran dan kesejahteraan yang adil dan merata, selain itu beliau juga menyampaikan agar WNI yang berada di Jepang khususnya Jepang Barat dapat memberikan sumbangan pada pembangunan Bangsa Indonesia baik melalui pemikiran, ilmu, tenaga, maupun melalui etos kerja dan perilaku serta budi pekerti yang baik. Upacara bendera berlangsung dengan lancar dan khimad. Usai upacara bendera, kegiatan dilanjutkan dengan acara ramah-tamah dan foto bersama  dan dilanjutkan dengan menikmati hidangan makanan kue khas Indonesia.

upacara

Rangkaian acara selanjutnya adalah Kabaret Budaya Indonesia 2014 yang diselenggarakan Minggu (24/8) di Hyogo International House, Nada, Kobe. Acara ini diselenggarakan oleh PPI korda Kansai dimana PPI komsat Kobe sebagai tuan rumah. Acara ini terselanggara berkat dukungan dari  KJRI Osaka, Garuda Indonesia, KIS dan Tunas Indonesia. Adapun seni budaya yang ditampilkan ialah pagelaran pakaian daerah, prosesi adat pernikahan tradisional, tari rantak, band, angklung, tari saman dan tari  tor-tor.

Acara dimulai tepat pukul 12.00 JST dibuka dengan pertunjukan tari rantak. Usai penampilan tari rantak, dilanjut sambutan oleh Acting Konsul Jenderal RI, Bapak Bambang Soegianto. Beliau menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PPI Korda Kansai dan PPI Komsat Kobe atas jerih payahnya dalam mensukseskan penyelenggaran acara Kabaret Budaya Indonesia 2014. Harapannya kegiatan seperti ini dapat terus terlaksana untuk mempromosikan budaya Indonesia di Jepang serta dapat membangun citra positif Indonesia. Pada kesempatan ini PPI Osaka-Nara turut serta memeriahkan acara dengan menampilkan tari saman. Para penari saman ini tampil kompak dan penuh semangat sehingga mendapatkan applause dari warga Jepang.

photo2 (3)

Selamat HUT RI ke-69. Salam Indonesia Jaya.

Osaka, 30 Agustus 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: