• Menghidupkan Mimpi ke Negeri Sakura

  • Follow me on Twitter

PPI Osaka Nara Memukau Warga Osaka

Pada hari Minggu, 15 Juni 2014 PPI Osaka Nara menggelar acara Pentas Seni Indonesia 2014. Acara ini merupakan salah satu program kegiatan PPI Osaka-Nara yang bertujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan seni dan budaya Indonesia ke luar negeri khususnya wilayah Osaka, Jepang. Pada pentas seni kali ini juga menampilkan budaya Jepang dan grup band dari mahasiswa Internasional dengan personel mahasiswa internasional dari berbagai negara. Video Trailernya :

Acara Pentas Seni ini dihadiri lebih dari 100 pengunjung yang didominasi oleh warga Jepang.  Mereka sangat antusias datang ke Osaka University Hall, kampus Toyonaka demi melihat seni dan budaya Indonesia. Pada kesempatan kali ini turut hadir Dr. Iqbal Djawad, Atase Pendidikan dan kebudayaan KBRI Tokyo dan beberapa professor dari Osaka University.

Acara dibuka dengan Tari Saman. Penari saman adalah rekan-rekan PPI Osaka-Nara yang berlatih tari dalam kurun waktu satu bulan. Alhasil tari saman berhasil dibawakan oleh rekan-rekan PPI ON dengan baik. Kemudian dilanjut sambutan ketua PPI Osaka-Nara kepengurusan 2014  kebetulan saya sendiri, setelah saya selesai memberikan sambutan dilanjut penampilan budaya seni Jepang, Taiko. Taiko berarti drum besar dalam Bahasa Jepang. Merupakan bentuk seni musik dalam menabuh drum.  Acara selanjutnya ialah peresmian TIF (Taiyou Indonesia Foundation). TIF adalah salah satu program beasiswa yang digagas dan dirintis oleh teman-teman PPI Osaka-Nara untuk membantu adik adik di Indonesia yang kurang beruntung secara finansial. Pada kesempatan kali ini Bapak Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo, Dr Iqbal Djawad meresmikan TIF dan memberikan penjelasan kepada masyarakat Jepang mengenai TIF ini. Video dokumenter TIF :

 

Saya pun bangga dan terharu menonton video dokumenter ini. Setelah selesai pemutaran video dokumenter TIF yang sempat membuat para penonton terharu dilanjut penampilan anak-anak Indonesia membawakan lagu laskar pelangi dalam Bahasa Jepang.

Acara selanjutnya dimeriahkan oleh lagu lagu kai. Kata Kai dalam Bahasa Jepang artinya perkumpulan. Komunitas warga Jepang yang ada di Jakarta membuat sebuah wadah dengan aktivitas menyanyikan lagu-lagu Indonesia.  Mereka menyanyikan lagu halo halo bandung, potong bebek angsa dan lain lain.

Di pertengahan acara, dimeriahkan oleh Tari Bali yang berujudul Taruna Nusantara dan Tari Merak yang dibawakan oleh teman-teman PPI Osaka-Nara. Setelah itu tampil angklung yang dibawakan oleh teman-teman PPI Osaka Nara yang tergabung dalam OAC (Osaka Angklung Club).  Penampilan ini berhasil memukau para penonton, banyak sebagian mereka tepuk tangan memberikan applause yang luar biasa atas penampilan angklung. Selain itu juga ada pertunjukan band yang dimeriahkan oleh Kansha Ichiro Band dan Handai International band. Acara diakhiri dengan pemberian souvenir dari PPI Osaka-Nara kepada Bapak Iqbal Djawad, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo dan Prof. Madoko Fukuoka, Osaka university.

Salam,

Gagus Ketut Sunnardianto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: